Penyebab, Gejala dan Obat Alami Kekurangan Darah

Penyebab, Gejala dan Obat Alami Kekurangan Darah
Penyebab, Gejala dan Obat Alami Kekurangan Darah. Pada kesempatan kali ini, ada pembahasan khusus terkait Penyebab, Gejala dan Obat Alami Kekurangan Darah namun sebelum itu, ada baiknya anda lebih tahu dulu pengertianya. Anemia atau kekurangan darah merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah mengalami penurunan drastis (dibawah normal) sehingga berakibat pada kondisi tubuh yang tak lagi fit. 

Kenapa bisa begitu? Secara medis bahwa sel darah merah (HB) seharusnya mensuplai oksigen guna mencukupi kebutuhan energi di setiap jaringan sel dan terjadinya anemia otomatis pula suplai tersebut tak mampu lagi mengantarkan kebutuhan oksigen sehingga menyebabkan penderita mengalami gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya beberapa gejala khas. 


Penyebab Kekurangan Darah

Pada dasarnya penyebab anemia bisa melalui faktor eksternal maupun internal. Untuk faktor eksternalnya bisa terjadi karena kekurangan konsumsi zat besi, kekurangan vitamin B12 dan kekurangan asam folat. Sedangkan pada faktor internalnya sendiri lebih merujuk terhadap perdarahan usus, adanya faktor genetik, karena penyait kronis tertentu (HIV/AIDS dan kanker) akibat gangguan sumsum tulang belakang (tak mampu memproduksi darah secara normal) serta kehilangan darah secara berlebihan (menstruasi atau sebagainya). Sebagai akibatnya,  transportasi sel darah merah tentu saja akan terganggu dan imbasnya jaringan – jaringan tubuh pun mulai kekurangan oksigen dalam rangka menghasilkan energy tubuh. Jadi tidaklah heran gejala penyebab paling menonjol ditandai dengan cepat, wajah pucat, gelisah serta timbul rasa sesak.  


Gejala Kekurangan Darah

  1. Sering Mual dan Sakit Kepala
    Biasanya penderita anemia akan mengalamia perasaan mual yaitu morning sickness utamanya setelah bangun dari tempat tidur. Disamping itulah keluhan sakit kepala ikut mengiringiya karena suplai darah (oksigen) ke bagian otak berkurang drastis.
      
  2. Ujung Jari dan Mata Pucat
    Gejala kedua yaitu nampak pucat di bagian mata. Anda bisa memperhatikan penderita anemia akan terlihat pucat tepatnya di area kelopak mata bawah dan ketika ujung jari ditekan daerah tersebut berubah menjadi pucat atau putih yang seharunya berubah jadi merah kembali. 
      
  3. Merasa Lelah
    Jika anda merasa lelah hampir setiap hari bahkan berangsur – angsur hingga berbulan – bulan maka segeralah periksakan diri ke dokter atau klinik terdekat. Bisa jadi, itu gejala wala anemia kareana jumlah sel darah dalam tubuh mulai rendah sehinggga pasokan energy untuk tubuh pun kian menurun dan tentu saja tingkat oksidasi tubuh ikut berkurang. 
      
  4. Sesak Nafas
    Bukan berarti sesak nafas selalu diartikan akibat dari penyakit pada saluran pernafasan. Bisa saja sesak nafas adalah gejala wala anemia karena jumlah darah sebagai pasokan oksigen ke seluruh tubuh sangat rendah. 
      
  5. Menurunya Sistem Imun
    Ketika tubuh kehilangan darah lebih banyak maka dampaknya akan menurunkan sistem pertahanan tubuh (imun) secara otomatis. Dari situlah tubuh dapat dengan mudah terserang berbagai macam penyakit tertentu hingga sulit disembuhkan.
      

Obat Alami Kekurangan Darah

Konsumsi Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu nutrisi paling bagus untuk tubuh dalam hal membantu penyerapan zat besi. Dengan demikian, ketika nutris tersebut terpenuhi maka kadar zat besi bisa meningkatkan produksi sel darah dan mampu mengatasi anemia. Sebagai contohnya, anda dapat mengkonsumsi jeruk, buah beri, melon dan masih banyak lagi. 

Konsumsi Asam Folat
Seperti dikatakan sebelumnya bahwa asam folat punya peranan penting untuk mengatasi permasalahan anemia. Anda bisa memperolhenya dari jenis sayur – mayor (bewarna hijau gelap), sereal, pasta maupun kacang – kacangan. 

Vitamin B12
Vitamin ini juga patut anda konsumsi demi menjaga stamina tubuh sekaligus menyembuhkan penyakit anemia. Kebanyakan vitamin B12 terletak pada menu makanan daging dan susu. 

Zat Besi
Seperti dikatakan sebelumnya kekurangan zat besi akan mudah menimbulkan penyakit anemia. Jadi langkah tepat untuk mencegah terjadinya anemia adalah dengan meningkatkan asupan zat besi setiap waktu. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain, kacang – kacangan, buah yang dikeringkan, segala jenis sayuran (terutama dengan warna hijau tua). 

Mungkin anda masih bertanya – tanya bahwa kebanyakan obat alami diatas menjadi solusi untuk masalah anemia dari faktor eksternal. Memang benar, tapi bisa juga mengatasi faktor internal namun menurut penatalaksaan medis, faktor internal dapat langsung diatasi dengan melihat penyebabnya. Misal anemia karena perdarahana maka diberikan tranfusi darah, akibat defisiensi zat besi maka diberikan sulfas ferosus dan lainya. Terima kasih sudah membaca Penyebab, Gejala dan Obat Alami Kekurangan Darah yang semoga memberikan anda pengetahuan lebih mendalam. Sekian, baca juga Mengatasi bayi cegukan dengan mudah.

Berlangganan untuk email update gratis: