Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag. Maag atau biasa disebut grastitis merupakan penyakit tunggal yang terjadi di bagian lambung. Maag ini akan mengacu ke peradangan sehingga berakibat adanya infeksi oleh bakteri Helicobacter Pylori dan terbentuklah luka pada lambung. Gejala umumnya seperti nyeri, perih datang secara tiba – tiba, mual dan muntah serta bisa juga muntah darah. Sedangkan tinja bagi seorang penderita kadang bewarna hitam. Jika anda ingin memahami lebih jauh, sebenarnya ada beberapa faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag sejak awal muncul gejalanya. 

Bukan tidak mungkin, ketika anda menghindari atau membatasi faktor – faktor peyebabnya maka secara tidak langsung anda sudah melakukan pencegahan paling efektif. Meski demikian, jika suatu hari nada terkena penyakit maag, sebaiknya ikuti cara – cara dibawah ini karena selain aman juga hanya menggunakan bahan – bahan alami sehingga tidak memberikan dampak negative terhadap kesehatan anda. 


Penyebab Penyakit Maag

  1. Kafein
    Kebiasaan meminum kopi atau sejenisnya setiap hari dapat menyebabkan gangguan asam lambung. Terkait hal tersebut, kandungan kafein lah yang menurut beberapa referensi ikut berkontribusi mengikis bagian lambung dan sekitarnya.
      
  2. Minuman Beralkohol
    Seperti minuman keras, bir maupun wire dapat mempengaruhi naiknya asam lambung. Menurut pernyataan para ahli, kalo minuman beralkohol mampu melemaskan saluran pencernaan dibawah esophagus yang mengakibatkan kenaikan asam dan terjadilah gangguan asam lambung.
      
  3. Makanan Yang Digoreng
    Anda suka dengan makanan yang digoreng? Mulailah dari sekarang untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan tersebut.  Alasanya, karena makanan jenis mengandung banyak lemak jenuh (lemak jahat) yang bisa mengganggu sistem pencernaan utamanya di daerah lambung. Selain itu, hobi makan gorengna juga kerap menimbulkan gangguan nyeri ulu hati (hearthburn).
      
  4. Coklat
    Meski rasa coklat memang enak, ada baiknya anda mengkonsumsi secukupnya saja dan kalo peru dibatasi. Adanya kandungan kakao, kafein, theobromine dan simulan lainya mampu menyebabkan kadar asam lambung meningkat yang pada akhirnya terjadilah gangguan lambugn (maag). 
Setelah anda memahami penyebab – penyebab umumnya diatas, mari berlanjut ke cara pengobatan lewat kombinasi bahan alami tanpa campuran bahan kimiawi.

  

Cara Mengatasi Penyakit Maag

Lidah Buaya
Sepertinya anda sudah tidak asing lagi terkait manfaat lidah buaya yang mana sudah biasa digunakan untuk pengobatan alami dalam perawatan rambut dan wajah. Disamping itu, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pengobatan penyakit maag. Kandungan magnesium dan aloenin dipercaya mampu menghambat sekresi asam lambung. Caranya, ambil 1-2 lembar daun lidah buaya, Lalu peras dan ambil gelnya. Selanjutnya, anda bisa mengkonsumsinya 2 kali sehari. Boleh juga menambahkan madu agar rasanya lebih manis. 

Kunyit
Sejak studi kasus pada tahun 1953, kunyit memiliki peranan penting untuk mengatasi tukak lambung bahkan berdasar penelitian tersebut sebanyak 88% pasien dinyatakan sembuh setelah menerima pil kunyit dalam 12 minggu pengobatan. Caranya, sediakan 2 jari tangan kunyit, lalu kupas dan parut sampai halus. Kemudian tambahkan air matang secukupnya, peras melalui kain bersih. Setelah itu, diamkan sejenak, barulah anda dapat meminumnya 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan menjelang tidur di malam hari. 

Kencur 
Tidak jauh berbeda dengan tanaman kunyit, kencur juga memiliki kandungan penting sehingg dapat mengatasi tukak lambung (maag) secara efisien. Caranya, ambil 1 jari rimpang kencur yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Selanjuntnya, anda tinggal mengunyahnya dengan sedikit tambahan garam. Susul pula dengan meminum air hangat. Lakukan rutin selama 2-3 kali sehari. 

Begitulah penjelasan singkat mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag. Jika langkah diatas tidak berefek pada penyakit maag anda setelah menjalaninya selama beberapa hari, segera saja konsultasikan ke dokter atau klinik terdekat supaya mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, terima kasih. Baca juga Cara menghilangkan flek hitam.

Berlangganan untuk email update gratis: