Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa
Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa. Lupa merupakan penyakit yang sering melanda setiap orang baik anak muda maupun orang dewasa. Jika saja hal tersebut terjadi pada diri anda, maka saatnya mencari tahu Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa. Adanya sifat pelupa tentu akan memiliki kecenderungan selalu lupa dalam memikirkan hal – hal yang telah berlalu bahkan lambat laun pasti sangat menganggu kehidupan anda sendiri. Oleh karenanya membiasakan diri mengingat hal – hal yang telah terjadi termasuk salah satu solusi efektif dibanding tidak ingat apapun. Namun jika keadaanya berbeda dimana anda tiba – tiba saja menjadi pelupa padahal sudah berusaha mengingat – ingat maka temukan beberapa alasan berikut ini. 


Penyebab Penyakit Lupa

  1. Adanya Pengalaman Traumatis
    Tak jarang bila pengalaman traumatis menjadi penyebab utama akses ke memori tertentu di blok oleh otak. Sehingga pada akhirnya segala sinyal yang tertuju pada bagian ingatan tersebut tertutup rapat bahkan jika anda memaksanya bisa saja terjadi gejala pusing kepala tak tertahankan.
       
  2. Faktor Usia
    Sudah menjadi hal pasti seiring dengan berjalanya waktu, usia anda pun juga ikut menua. Hal inilah yang nantinya sel – sel bagian tubuh secara keseluruhan termasuk di bagian otak (pengingat) ikut melemah juga, akibatnya, semua ingatan ikut terkikis sedikit demi sedikit. Ini merupakan hal yang alami terjadi.
      
  3. Gangguan Kognisi Dan Emosi
    Pada keadaan tertentu seperti yang disebutkan diatas bahwa ketika anda mengalami tekanan hidup berat maupun emosi tinggi, keduanya langsung mempengaruhi pikiran negative tentang diri anda sendiri dan efeknya ikut memnurunkan kognitif di dalam otak sehingga penyakit lupa tak terhindarkan. Sebagai akibatnya, bisa jadi anda akan kesulitan berpikir jernih, tak mampu mengingat informasi secara umum bahkan merasa rumit memahami sesuatu. 

Lantas,  bagaimana menghadapi penyakit lupa? Baiklah, dibawah ini akan ada pembahasan mengenai langkah positif demi menjadi solusi terbaik untuk mengatasi penyakit tersebut. 


Cara Mengatasi Penyakit Lupa

Konsumsi Makanan Bergizi Secara Teratur
pada menu makanan sehari – hari, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan khusus untuk mempertajam daya ingat dan mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh otak. Sebagai contohnya seperti minyak ikan atau sayur – mayor bewarna merah dan ungu serta masih banyak lagi. 

Lakukan Senam Otak
Demi menjaga kualitas ingatan anda, senam otak bisa dijadikan alternatif agar ingatan anda selalu terjaga dengan baik. Caranya tidaklah sulit yaitu cukup mengingat lagu – lagu lama yang sudah pernah anda nyanyikan atau bisa juga dari mengingat puisi – puisi  yang dibaca sewaktu kecil dulu. Sedangkan untuk senam otak bersifat fisik dengan cara melakukan olahraga kecil – kecilan secara berkala. 

Memperbanyak Waktu Santai
Yang dimaksud waktu santai disini adalah mengosongkan pikiran anda dari tekanan – tekanan berat (stress) supaya otak anda bisa lebih rileks dan merasa nyaman. Jadi dari situlah stimulan – stimulan untuk mengingat beberapa hal akan mulai aktif. Kombinasi dalam meningkatakn cara kerja otak juga boleh anda lakukan melalui aktivitas baca buku  diperpustakaan atau lain sebagainya. 

Meminum Air Putih
Ternyata meminum air putih tidak hanya memperlancar sistem kerja metabolisme tubuh saja tetapi juga dapat mengembalikan kemampuan mengingat anda. Adapun beberapa referensi mengatakan meminum air putih 8 gelas setiap hari sangat membantu kinerja seluruh organ di dalam tubuh termasuk bagian otak.

Semoga dengan adanya pembahasan singkat mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Lupa ini bisa menambah wawasan lebib luas serta sebagai solusi ampuh untuk mencegah datangnya penyakit lupa. Sekian dan terima kasih. Baca juga Cara menumbuhkan rambut botak.

Berlangganan untuk email update gratis: