Macam-macam Penyakit Jantung

Macam-macam Penyakit Jantung
Macam-macam Penyakit Jantung. Macam-macam Penyakit Jantung sudah sepatutnya anda ketahui karena jenis penyakit ini merupakan salah satu yang paling berbahaya diantara jenis penyakit lainya. Sebagai organ penting, jantung bekerja secara konsisten untuk memompakan darah ke seluruh tubuh. Tujuanya tidak hanya mensuplai oksigen saja melainkan juga membawa berbagai macam nutrisi dalam darah sehingga dapat terkontribusi ke beberapa bagian tubuh seperti paru maupun otak. 

Maka dari itu, jika saja terdapat gangguan jantung otomatis keseluruhan organ pun juga ikut terganggu. Ada banyak sekali jenis penyakit jantung tergantung penyebabnya. Bagi anda yang masih sehat, tidak ada salahnya mengetahui hal tersebut supaya mampu memahami tanda gejalanya dan tentu bisa melakukan pencegahan lebih awal. 


Macam-macam Penyakit Jantung

Inflamasi 
Penyakit ini biasanya terjadi pada daerah dinding jantung. Adanya inflamasi jantung disebabkan oleh berbagai macam racun dan infeksi. Bila kondisinya semakin parah, maka inflamasi akan berlanjut ke penyakit jantung tertentu. 

Aritmia
Aritimia adalah kondisi irama jantung yang menujukkan tanda – tanda tidak normal. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan pengecekan langsung lewat perekaman EKG atau monitor. Penyebab pastinya masih belum diketahui namun menurut referensi ada yang mengatakan karena konsumsi alkohol berlebihan, merokok, stress berat dan overaktivitas. 

Aterosklerosis
Adalah penebalan dinding arteri akibat dari penumpukan lemak, kolesterol atau buangan zat – zat dari sel lainya. Oleh karena penyumbatan tersebut maka aliran darah yang seharusnya normal menjadi terhambat. Bila aterosklerosis tidak ditangani segera tentu dampak buruknya akan terjadi iskemik jantung atau koroner jantung. Penyebabnya kebanyakan dari konsumsi lemak – lemak jenuh (LDL) secara berlebihan seperti gorengan atau makanan yang digoreng. 

Angina Pectoris
Yaitu keadaaan klinis dimana seseorang mengalami rasa nyeri luar biasa di bagian dada akibat iskemik jantung. Penyebabnya sudah pasti karean kecukupan suplai oksigen ke jantung berkurang. Ciri khasnya sebagai gejala adalah rasa nyeri seperti terjepit atau terbakar di bagian dada kiri dan menyebar ke atas lengan kiri hingga sampai leher bahkan punggung. 

Infark Miokard Akut
Merupakan kematian otot jantung yang diakibatkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. Dari situlah kebutuhan oksigen jantung tidak terpenuhi shingga jantung mengalami kerusakan dan kematian secara akut. 

Gagal Jantung (Dekompensasi Cordis)
Yaitu gagal jantung dengan sindrom klinis akibat menurunya fungsi pemompaan jantung. Jadi ketika jantung tak dapat memompa maksimal tentu saja efeknya suplai darah ke setiap organ seluruh tubuh pun ikut terganggu. Penyebanya ada banyak sekali mulai dari anemia, kelainan katup jantung, penyakit jantung kronik dan hipertensi.

Kardimiopati
Kardiomiopati termasuk Macam-macam Penyakit Jantung yang patut diwaspadai, kenapa? Karena jika tidak segera ditangani maka penderita bisa mengindap komplikasi ke berbagai masalah jantung. Menurut sumber, kardiomiopati adalah jenis penyakit ditandai dengan terganggunya otot jantung sehingg dinding bagian jantung tak mampu bergerak secara optimal saat melakukan pemompaan darah ataupun menyedot darah. 

Hipertensi
Adalah salah satu penyakit jantung dengan gejala peningkatn tekanan darah dalam arteri. Tekanan abnormal ini bisa disebabkan oleh beberapa perubahan kondisi jantung pada kondisi tertentu, penyakit penyerta (gagal ginjal), kegemukan, stress dan lainya. Adanya penyebab tersebut secara otomati jantung akan bekerja lebih berat dan akhirnya tekanan pun juga ikut meningkat. 

Fibrilasi Atrium
Kondisi dimana jantung mengalami irama tidak normal dan seringkali lebih cepat. Biasanya percepatan tersebut bisa saja hilang timbul tergantung pada faktor yang mempengaruhinya. Disisi lain, fibrilasi atrium malah bisa terjadi pada anak muda tanpa adanya masalah jantung sebelumnya. Penyebabnya bisa karena konsumsi alkohol, emboli paru (bekuan darah pada paru), pneumonia dan hipertiroidisme.

Berharap dengan adanya Macam-macam Penyakit Jantung bisa menambah kewaspadaan anda terhadap kesehatan jantung. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Baca juga Resiko dari operasi sesar.

Berlangganan untuk email update gratis: