Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah
Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah. Tahukah anda kenapa cegukan itu bisa terjadi? Diambil dari beberapa sumber bahwa cegukan merupakan serangkaian kondisi yang sedikit tidak menyenangkan dan seringnya hal itu terjadi saat si kecil disusui, menangis atau sedang marah. Meskipun cegukan biasanya terjadi pada bayi berumur dibawah satu tahun, anda pun tak perlu mengkhawatirkannya karena bukan termasuk salah satu indikasi suatu penyakit serius dan bisa dihilangkan.

Oleh karenanaya, ketika anda mendapati si buah hati tiba – tiba cegukan sebaiknya lakukan tips – tips di bawah ini untuk mengatasi kondisi cegukan dan bila dibiarkan saja maka ditakutkan bisa mengakibatkan rewel, batik bahkan bisa batuk – batuk hingga tidak dapat dikendalikan lagi. Daripada kelamaan, silahkan simak penjelasan selengkapnya terkait penanganan cegukan secara benar dan tepat.


Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Ubah Posisi Menyusui
Saat si buah hati mengalami cegukana, cobalah untuk langsung mengubah posisi bayi dengan sedikit posisi miring (kepala berada lebih keatas daripada sebelumnya). Pertahankan hingga beberapa menit sampai cegukana hilang dengan sendirinya. 

Pastikan Posisi Menyusui Sudah Benar
Biasanya anak mengalami cegukan karena posisi saat menyusui kurang tepat. Lalu bagaimana posisi yang benar dalam menyusui? yaitu puting dan areola sudah benar – benar masuk ke dalam muyut bayi. DIsamping itu, si buah hati sebaiknya berada dalam garis lurus dengan lengan serta pada bagian perut bayi juga harus berhadapan langsung terhadap perut ibu. 

Peluk Bayi
Jika anak anda cegukan, cobalah sesekali memeluknya sembari sedikit menepuk bagian punggungnya. Ingat! jangan keras – keras saat menepuknya karena malah bisa membuat si kecil menangis. Bila kesulitan, cukup peluk saja beberapa menit sampai cegukan mereda dan hilang.

Berilah Makan Sedikit Demi Sedikit
Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah selanjutnya yaitu memberinya makan sedikit demi sedikit.  Ini bisa diperuntukkan bagi si kecil yang sudah mengkonsumsi pendamping ASI atau biasa disebut PASI. Dengan langkah tersebut, dimungkinkan bayi tidak akan mudah menelan makanan serta mengurangi terjadinya cegukan. 

Hentikan Proses Menyusui
Bila anda sebagai ibu mendapati si kecil cegukan saat menyusui dan sudah mengubah posisi menyusui masih tidak memberikan perubahan maka hentikan dulu kegiatan menyusui. Cobalah untuk menyandarkan kepala si kecil ke atas bahu sembari tepuk – tepuk secara lembut di bagian punggungnya sama seperti ketika anda bersendawa. Menurut sumber kesehatan bahwa teknik ini menjadi salah satu solusi paling efektir karena secara teori dapat mendorong udara dari diafragma ke atas untuk menghentikan proses cegukan. Jika dirasa cegukan telah hilang, silahkan bisa melanjutkan kembali kegian menyusuinya.

Pilih Botol Yang Tepat
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap cegukan adalah pemilihan botol. Umumnya, ketika anda memperhatikan botol – botol untuk menyusui ada yang mempunyai regulator dan juga lubang dot bayi begitu sebaliknya. Diantara keduanya, ada baiknya memilih botol dengan lubang dot kecil agar supaya menjaga ritme saat meminum susu sehingga si buah hati tidak lagi mengalami cegukan. 

Berilah Makanan Secara Teratur
Memberikan makanan secara teratur kepada si buah hati merupakan langkah tepat untuk meminimalisir cegukan. Caranya, berilah makan sebelum dia merasa sangat lapar agar gas yang ada dalam perutnya tidak menumpuk banyak. Terkadang cegukan juga bisa menjadi gejala adanya masalah lambung dan jika diikuti perilaku muntah – muntah maka saran terbaik adalah segera membawanya ke dokter atau klinik terdekat demi mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Itulah tadi tips dan Cara Mengatasi Bayi Cegukan Dengan Mudah. Sebagai catatan untuk anda para ibu – ibu, jangan terlalu panik saat cegukan terjadi karena aktivitas tersebut tidaklah membahayakan dan hanya perlu penanganan tepat dengan langkah – langkah diatas. Semoga bermanfaat, terima kasih. Baca juga Cara menghilangkan panu permanen.

Berlangganan untuk email update gratis: