Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya
Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya. Pada kesempatan kali ini, ada informasi menarik seputar Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya. Secara umum anda dapat mengetahui kadar asam urat dalam tubuh dengan cara melakukan uji laborat atau tes sample darah. Biasanya darah yang akan digunakan untuk tes diambil dari pembuluh dara vena yang ada dibagian dalam siku karena pembuluh darah pada bagian dalam siku lebih besar dan lebih mudah diambil darahnya. Untuk nilai normal dari kadar asam urat dalam tubuh wanita berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedang pada pria  berkisar antara 3,5 sampai 7,2 mg/dl. 

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh mungkin saja disebabkan oleh beberapa faktor seperti efek samping dari kemoterapi, olahraga yang berlebihan sampai menyebabkan encok, kencing manis, asidosis alkoholisme, nefrolitiasis, leukemia, keracunan timbal, toxemia kehamilan, penyakit ginjal kistik medulla dan lain – lain. Sedangkan rendahnya kadar asam urat dalam tubuh mungkin dikarenakan diet redah purin, sindrom fanconi, syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH) secretion dan penyakit Wilson. Adapun gejala asam urat yang muncul sebagai berikut nyeri yang timbul secara berulang – ulang; pada daerah persendian terasa ngilu, linu, nyeri kesemutan, bengkak yang kemudian meradang berwarna kemerahan; organ yang sering mengalami nyeri adalah jari tangan, sendi jari kaki, lutut, tumit, siku dan pergelangan tangan; nyerisendi yang dialami biasanya terjadi pada pagi hari saat bangun tidur atau pada malam hari.


Penyebab Asam Urat

Faktor Usia
Usia yang semakin tua biasanya akan berpengaruh terhadap masalah – masalah kesehatan. Umumnya ketika orang sudah mencapai antara 40-50 tahun akan lebih mudah terkena gangguan asam urat sedangkan untuk para wanita sering terjadi setelah masa – masa menopause

Riwayat Keluarga
Tak bisa ditampik lagi bahwa adanya riwayat keluarga yang pernah menderita asam urat, maka anda pun dapat berkemungkinan besar terkena penyakit tersebut. Sama halnya, jika suatu hari anda mempunyai anak akan diwarisi pula kepadanya. 

Jenis Kelamin
Meski banyak ahli yang berpendapat, secara garis besar resiko pria terkena asam urat lebih tinggi dibanding wanita. Hal ini dikaitkan dengan adanya hormone estrogen pada wanita dimana fungsinya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Minuman Beralkohol
Jika anda sering mengkonsumsi alkohol maka jangan heran bila suatu hari asam urat anda lebih tinggi daripada biasanya. Alasanya bahwa alkohol banyak mengandung zat – zat yang berpoteni meningkatakn asam urat.

Konsumsi Obat – Obatan
Berbagai macam obat juga dapat menimbulkan masalah asam urat. Beberapa diantaranya yaitu obat diuretik (thiazide), obat jantung (aspirin), obat kolesterol (niacin), obat cyclosporine yang dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ dan obat levodopa untuk mengatasi penyakit Parkinson. 


Cara Mengatasi Asam Urat

Menggunakan Pengobatan Medis
Beberapa pengobatan  medis tentu bisa anda lakukan demi mengatasi permasalah asam urat antara lain pemakaian obat anti-inflamasi non steroid (etoricoxib, naproxen, disclofenac), obat golongan kortikosteroid yang langsung disuntikkan di area sendi atau otot peradangan dan terakhir penggunaan obat Colchicine untuk tujuan mengurangi pengkristalan natrium pada persendian sebagai penyebab terjadinya radang.

Menggunakan Pengobatan Alami
Adapun untuk pengobatan tradisional, anda bisa melaaaakukan cara – cara efektif seperti mengompres bagian sendi yang mengalami peradangan (nyeri) dengna batu es dan sudah dibungkus handuk. Biarkan selang waktu 1-20 menit hingga tak terasa nyeri atau linu. Ingat! lakukan pengkompresan di sekitar daerah yang dirasa nyeri karena jika langsung ke bagian sendi malah bisa merusak permukaan kulit itu sendiri. Selain itu dukunglah dengan pembatasan konsumsi makanan banyak purin misalnya hati, kaldu, teri, ikan kering sarden, udang, lobster, ikan tuna, ging, kembang kol dan kacang – kacangan. Kurangi pula minuman beralkohol dan baiknya ganti dengan meminum air putih lebih banyak minimal 8-10 gelas per hari. Anda juga dianjurkan mengkonsumsi multivatimin serta vitamin C secukupnya.

Semoga dengan adanya penjelasan singkat mengeni Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya dapat membantu melakukan pencegahan lebih awal sebelum penyakit asam urat menggerogoti kesehatan anda. Sekali lagi, jangan pernah mengabaikan penyakit yang satu in karena bisa berimbas pada penyakit lain bahkan berujung pada kematian seperti jantung koroner maupun gagal ginjal. Baca juga Obat alami mimisan.

Berlangganan untuk email update gratis: