Macam-macam Penyakit pada Mulut

Macam-macam Penyakit pada Mulut
Macam-macam Penyakit pada Mulut. Mulut adalah tempat utama di bagian tubuh manusia untuk menerim makanan. Dari situlah proses makanan akan bisa dirasakan kemudian dihaluskan dan selanjutnya dibawa ke saluran pencernaan lainya seperti esophagus, lambung, usus halus, usus besar dan sebagainya. Tapi apakah anda tahu ternyata mulut juga bisa terkena penyakit. Ada banyak sekali Macam-macam Penyakit pada Mulut sehingga terkadang menganggu akitivitas anda ketika mengunyah serta merasakan makanan. 

Disamping itu pula, para peneliti membuktikan jika mulut yang selama ini hanyalah rongga kecil sebagai alat pengunyah lebih gampang terkena suatu penyakit bilamana tak dijaga kesehatanya. Ingin tahu apa saja jenis penyakitnya? Silahkan simak ulasan secara lengkapnya berikut ini.  


Macam-macam Penyakit pada Mulut

Radang Mulut
Radang mulut biasanya terjadi karena infeksi  jamur. Ciri – cirnya yaitu terlihat pucat di bagian bawah lidah dan terdapat seperti bercak – bercak keputihan yang mudah dikeruk (dihilangkan). Saat terkena makanan atau menggosok gigi maka rasa perih pasti akan muncul. Untuk pengobatanya, bisa menggunakan tablet hisap antifungal (anti jamur)

Infeksi Gusi
Masih terkait infeksi, ketika daearh gusi meradang maka secara otomatis akan membuat gusi menyusut yang pada akhirnya terjadilah lubang – lubang diantara gusi dan gigi. Dari situlah karang gigi, plak – plak dan sisa makanan terperangkap hingga menimbulkan infeksi berkelanjutan. Tak hanya terasa ngilu, infeksi gusi juga mengakibatkan kerusakan tulang pendukung igig dan menjadi salah satu penyebab rapuhnya gigi saat usia dewasa. 

Sariawan
Pasti anda sudah tahu bahwa sariawan bisa saja terjadi mulai dari usia anak – anak, remaja maupun dewasa. Penyebab utamanya yakni jamur candida dan penyebaranya akan semakin luas bila kondisi imun penderita menurun. Disamping itu, penyakit seperti diabetes mellitus juga ikut memberikan kesempatan jamur tersebut tumbuh liar di area sekitar mulut. 

Glossitis
Tahukah anda penyakit yang satu ini memang sedikit asing karena jarang diketahui oleh masyarakat sekitar. Sebagai tandanya, glossitis menyerang jaringan pelindung di permukaan lidah sehingga membuatnya terasa sakit karena terdapat seperti rekahan. Penyebabnya bermacam – macam ternask kekurangan vitamin tertentu atau anemia. 

Bibi dan Mulut Perih
Waspadai jika anda merasa perih pada area bibir dan mulut. Umumnya penyakit sifilis yang tertular dari oral seks dapat mengakibatkan mulut terasa perih. Sedangkan jika perihnya tidak hilang sampai lebih dari 3 minggu, kemungkinan besar itu pertanda adanya kanker.  Untuk solusinya, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau klinik terdekat demi mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Luka Busuk
Macam-macam Penyakit pada Mulut keenam adalah luka busuk. Sampai sekarang penyebab penyakit yang satu ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa sumber mengatakan kalo pemicunya dapat berupa infeksi, stress, hormone dan hipersentivitas. Dalam bahasa medis luka busuk di sekitar mulut disebut juga borok aphthous. Gejalanya seperti sariawan namun bisa muncul di pipi, lidah bahkan sekitar gusi. 

Coxsackle Virus
Penyakit ini lebih sering menyerang pada anazk – anak. Sebagai tandanya, muncul bintik – bintik merah pada mulut diiringi demam dan menggigil pada tubuh penderita. Karena jenis penyakit Coxsackle Virus dapat menular, jadi patut anda waspadai tanda maupun gejalanya. Ada baiknya memberikan nutrisi bergizi tinggi protein pada anak bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tak tertular penyakit tersebut. 

Virus Herpes Simpleks
Seperti diketahui pada umumnya, virus herpes dapat menyerang area sekitar mulur dengan gejala titik – titik kuning pucat di lidah, rasa nyeri pda bagian bibir dan diawali pelepuhan selesma (lepuhan yang sangat sakit). Selain itu, penderita biasanya bersuhu tinggi (38 derajat celcius).

Dengan mengetahui Macam-macam Penyakit pada Mulut semoga dapat meningkatkan perhatian anda dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi agar tak terkena salah satu jenis penyakit diatas. Semoga bermanfaat, terima kasih.  Baca juga Cara push up yang benar dan manfaatnya.

Berlangganan untuk email update gratis: