Kenapa Jantung Berdetak Kencang?

Kenapa Jantung Berdetak Kencang?
Kenapa Jantung Berdetak Kencang?. Jantung adalah salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh anda. Dengan begitu, maka sudah menjadi kewajiban bila akan selalu menjaga kesehatanya. Mungkin pernah muncul pertanyaan di benak anda mengenai Kenapa Jantung Berdetak Kencang? Umumnya keadaan seperti itu sering dikaitkan dengan serangan jantung apalagi jika disertai rasa nyeri yang menusuk – nusuk ke jantung. 

Oleh karena itu, ketika jantung anda berdebar – debar tanpa sebab maka jangan pernah mengabaikan tanda dan gejala tersebut karena ditakutkan terjadi masalah pada organ jantung. Pada orang normal detakan jantung seharusnya berada di kisaran 60-100 denyutan per menit. Jika denyutan melebihi batas normal, sebaiknya periksakan segera ke dokter atau klinik dekat rumah anda. Lalu apa sajakah penyebab jantung berdebar kencang? Mari ikuti penjelasanya selengkapnya berikut ini.        


Kenapa Jantung Berdetak Kencang?

Stress
Perilaku stress akibat tekanan berat atau cemas tingkat tinggi akan membuat detak jantung ikut berdebar lebih kencang daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah ataupun syaraf yang ada di otak mengalami penyempitan secara tiba – tiba. Dengan begitu, jantung pun akan terkena imbasnya sehingga harus terbebani dan efeknya membuat jantung berdebar – debar. 

Asam Urat
Adanya kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Sama halnya dengan kolesterol tinggi, asam urat pun ikut membebani kinerja jantung sehingga jantung merespon agar bekerja keras dengan detakan lebih cepat dibanding sebelumnya. 

Tekanan Darah Tinggi
Sudah tidak heran lagi bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi mengakibatkan detakan jantung menigkat drastic. Hal ini dikarenakan pemompaan darah dari jantung menuju aorta harus mencukupi bagian seluruh tubuh, jadi tekanan pada area tersebut pun lebih kencang .

Anemia
Kondisi anemia atau kekurangan darah menjadi salah satu penyebab meningkatnya detakan jantung. Sebagai alasanya, bahwa jumlah sel – sel darah merah yang berkurang tentu akan memberikan efek bururk terutama pada kurangnya oksigen di bagian otot jantung. Maka, dari situlah respon jantung akan berdebar lebih kencang demi mencukupi suplai oksigen pada area tersebut. 

Kebocoran Jantung
alasan Kenapa Jantung Berdetak Kencang selanjutnya adalah kebocoran jantung. Kenapa? secara medis kebocoran jantung akan membuat alasah satu bilik kekurangan darah sehingga pada akhirnya berefek terhadap penyakit anemia. Seperti penjelasan sebelumnya, jika jantung mengalami anemia maka otomatis pula pompaan darah dari jantung pun ikut menigkat dan sebagai efeknya jantung menjadi berdebar cepat. 

Merokok
Pengaruh rokok tidak hanya beresiko merusak kesehatan tubuh saja namun juga dapat menganggu setiap organ dalam tubuh termasuk jantung. Tahukah jika kandungan nikotin itulah yang menyebabkan kinerja jantung menjadi berat. Lantas, efeknya membuat jantung berdebar lebih cepat karena kinerjanya terbebani. 

Obesitas
Bagi anda yang menderita obesitas, jangan kaget bila terkandang detakan jantung anda tiba – tiba mendadak berubah cepat daripada biasanya. Hal itu dikarenakan penumpukan lemak pada pembuluh darah, padahal pembuluh tersebut seharusnya mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Karena terhalang oleh penumpukan lemak maka jantung pun ikut terkena imbasnya dengan bekerja keras untuk memompa darah sehingga jantung bisa berdebar – debar. 

Obat – obatan
Sebagain besar kandungan kimia dalam obat – obatan dapat berefek peningkatan kerja jantung. Terutama pada obat jenis hipertensi seperti captopril, aspilet dan sebagainya. Untuk solusinya, sebaiknya anda bisa membatasi konsumi obat – obt tersebut bi tidak terlalu dibutuhkan.

Cukup segitu dulu pembahasan menarik mengenai Kenapa Jantung Berdetak Kencang? Semoga dapat memberikan wawasan anda lebih luas dan bermanfaat kedepanya. Terima kasih. Baca juga Mengatasi pinggang sering sakit.

Berlangganan untuk email update gratis: