Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah
Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah. Berbicara soal sistem peredaran pastinya juga akan berkaitan dengan organ jantung. Pada dasarnya, sirkulasi darah dikendalikan oleh jantung, jadi selama organ tersebut bekerja secara normal maka keseluruhan peredaran darah pun dapat terdistribusi ke masing – masing bagian tubuh lainya. 

Namun apa jadinya bila terdapat gangguan pada jantung atau sirkulasi darah? Tentu saja kecukupan nutrisi yang dibawa oleh darah termasuk oksigen tidak dapat dibawa ke jaringan – jaringan. padahal hal itu sangatlah dibutuhkan. Mengingat sistem peredaran darah juga salah satu bagian penting, oleh karena itu sudah sepantasnya anda mengetahui berbagai macam penyakitnya sehingga jika suatu waktu terjadi pada diri anda, minimal mampu mencegahnya atau mengatasinya lebih dini. 


Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

Jantung Koroner
Siapa yang tak kenal jenis penyakit ini? Pasti anda sudah pernah dengar bahwa jantung koroner merupakan salah satu penyakit pada sistem peredaran darah. Tepatnya, pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga suplai oksigen ke otot – otot jantung pun mengalami penurunan (tidak lancar). Sebagai akibatnya pasokan oksigen ke jantung tidak maksimal sehingga terjadilah kematian otot jantung pada daerah tertentu yang dinamakan jantung koroner. 

Varises
Adalah suatu kondisi dimana pembuluh balik (pembuluh vena) mengalami pelebaran secara abnormal karena darah tertahan pada suatu titik. Biasanya tanda varies lebih sering ditemui di area sekitar betis atau kaki. Hal tersebut terjadi karena pengarub gravitasi. Beberapa orang bisa saja mengalami varises secara langsung dan kembali normal namun bisa juga sebaliknya. Penyakit varises biasa dialami oleh orang – orang yang sering berdiri lama dan wanita sedang hamil. 

Hipotensi
Hipotensi merupakan keadaaan yang menujukkan tekanan darah dalam kondisi dibawah normal (kurang dari 120/70). Penyebabnya hampir pasti kehilangan cairan dari tubuh (dehidrasi berat) atau bisa juga kecelakaan hebat. 

Sklerosis
Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah selanjutnya yaitu sklerosis. Yakni terdapat gangguan pada pembuluh darah arteri akibat dari penumpukan lemak atau kalsium. Pada akhirnya pembulub tersebut mengalami pengapuran atau pengerasan sehingga memutus aliran darah yang seharusnya normal menjadi terhenti sementara waktu (macet). Penyakit jenis ini umumnya dialami oleh orang – orang lanjut usia dan obesitas (kegemukan berlebih). 

Hipertensi
Hipertensi adalah kebalikan dari hipotensi yaitu penyakit darah tinggi dengan tanda kondisi tekanan darah berada di atas normal (lebih dari 120/70). Penyebabnya bermacam – macam antara lain kondisi stress berat, bisa juga karena obesitas, kelainan hormonal, genetik (bawaan) dan adanya tumor pada kelenjar adrenal (feokromositoma). 

Leukimia
Yaitu kelainan pada sel – sel darah utamanya pembentukan sel darah putih yang seharusnya berjumlah normal malah meningkat drastic tak terkontrol. Bila dilihat pada pemeriksaan laboratorium maka sel darah putih (leukosit) nampak jelas berjumlah lebih banyak dengan menyerang sel – sel di sekitarnya. 

Hemofili
Merupakan salah satu jenis penyakit pada sistem peredaran darah dengan tanda perdarahan yang suka membeku. Artinya bahwa hemofili lebih gampang mengalami perdarahan walau hanya terkena sayatan luka sedikit. Bisanya penyakit tersebut tergolong penyakit genetik, jadi apaila orang tua memiliki gen carier hemofili maka tidak menutup kemungkinan anakanya bisa mengalamia hemofili. 

Anemia
Kondisi dimana Hb (kadar darah) dalam sel darah merah menurun drastis bila dibanding dengan jumlah normalnya. Secara otomatis pengikatan oksigen dalam darah pun ikut berkurang yang akhirnya sel – sel seluruh tubuh tak mampu melakukan metabolisme secara optimal. Penderita anemia biasanya mengalami kepucatan pada area wajah, cepat lelah dan gampang lemas. Diantara penyebabnya bisa karena defisiensi sumsum tulang belakang, kurangnya zat besi dan asam folat, kehilangan banyak darah, hemolitik serta operasi besar .

Demikianlah informasi penting terkait Macam-macam Penyakit pada Sistem Peredaran Darah. Semoga dapat menambah pengetahuan anda lebih luas dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit diatas. Terima kasih. Baca juga Buah untuk ibu hamil muda.

Berlangganan untuk email update gratis: