Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh. Adakah Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh? Tentu saja ada, bahwa madu itu punya perana penting di dalam tubuh sehingga khasiat madu tak diragukan lagi. Di dunia kesehatan, madu banyak dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai keluhan – keluhan penyakit pada tubuh.

Orang - orang pun menyebut madu adalah cairan ajaib dengan banyak manfaat karena sering diigunakan untuk mengobati penyakit seperti menyembuhkan penyakit sariawan, menghilangkan jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh dan lain – lain. Manfaat madu bagi kesehatan memanglah sangat beragam sehingga tak heran jika banyak madu banyak diiklan kan di tv sebagai penambah stamina tubuh.


Manfaat Madu bagi Kesehatan

Mencegah Diabetes
Tahukah anda bahwa madu merupakaan pemanis alami yang mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Berbeda halnya dengn pemanis atau gula buatan karena termasuk sumber utama diabetes. Meski mengandung gula, kandunganya tidaklah sama dengan gula atau pemanis pada umumnya. Disamping itu, kombinasi antra glukosa dan fruktosa dalam madu segar lebih banyak memiliki indeks hipoglikemik rendah sehingga aman untuk dikonsunmsi

Sebagai Stamina Tambahan
Bukanlah rahasia umum lagi karena hampir semua minuman berenergi memilih bahan alami sekaligus bahan utama dari madu. Jadi jika anda ingin menjaga stamina tubuh tetap fit tak perlu meminum jenis – jenis minuman beralkohol atau kandungan elektrolit berlebih karean cukup mengkonsumsi madu saja sudah menjadi solusi terbaik.

Mengatasi Batuk
Diambil dari sebuah penelitian pada tahun 2007 di Peen State College of Medicine dengan melibatkan sekitar 139 anak, ditemukan adanya peranan aktif pada madu untuk menghilangkan batu – batuk. Ternyata salah satu kandungan penting tersebut adalah dekstrometorfan yang mampu menenangkan batu utamanya di malam hari sehingga anak – anak terjaga kualitas tidurnya. 

Meningkatkan Daya Ingat
Dari beberapa sumber kesehatan lebih banyak mengatakn jika madu sangat membantu baik pria maupun wanita untuk meningkatkan daya ingat. Dilansir pula dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan mengkonsumsi 20 gram madu segar setiap hari. Dan hasilnya setelah 4 bulan lamanya, mereka lebih mampu mengingat memori sebelumnya walau dalam jangka pendek. 

Sumber Nutrisi
Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh selanjutnya yaitu sumber nutrisi terlengkap. Tak hanya vitamin dan mineral saja melainkan kandungan seperti elektrolit juga terdapat pada madu seperti asam pantotenant, kalsium, besi, magnesium, tembaga, niacin, fosfor, kalium mangan dan masih banyka lagi. Jadi dengan anda mengkonsumsi madu sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya. 

Membunuh Bakteri
Pada sebuah studi klinis dikatakan bahwa madu terbukti efekti membunuh patogen – patogen penyakit seperti salmonella dan E.coli serta methicillin-resistant maupun staphylococcus aureus yang banyak ditemukan baik di rumah sakit maupun klinik – klinik dekat rumah anda. 

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
Kedua penyakit ini termasuk yang paling berbahay bahkan dapat menimbulkan kematian jika tak segera ditangani. Namun ada salah bahan alami yang mampu mencegah terjadinya kanker ataupun penyakit jantung. Adalah madu dengan kekayaan nutrisinya serta kandungan penting antioksidan maupun flavonoid mampu mengurangi resiko timbulnya kedua penyakit tersebut dalam tubuh anda.

Mengoptimalkan Metabolisme Tubuh
Madu juga diyakini mampu menjaga kenormalan metabolisme tubuh. Hal itu dikarenakan adanya nutrisi – nutrisi penting mulai dari mineral, vitamin dan mineral lainya yang secara umum sangat diperlukan oleh tubuh.

Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh memang begitu banyak tapi jangan pernah mengandalkanya demi mengobati suatu penyakit. Perlu diketahui juga konsumsi terlalu berlebihan bisa saja berakibat pada masalah – masalah penyakit lainya. Jadi manfaatkanlah dengan bijak dan secukupnya saja. Semoga bermanfaat, terima kasih. Baca juga cara merawat kesehatan mata.

Berlangganan untuk email update gratis: