Efek Buruk dari Minum Kopi

Efek Buruk dari Minum Kopi
Efek Buruk dari Minum Kopi. Berbicara tentang kopi sepertinya takkan lepas dari kepopuleranya di zaman dahulu. Memang benar bahwa minuman kopi sangat terkenal bahkan sampai sekarang pun penggemarnya tidak hanya di Indonesia sendiri melainkan beberapa orang di luar negri pun ikut menikmati kopi. Tapi, apakah anda tahu Efek Buruk dari Minum Kopi? Sebelum ke pembahasan tersebut, menurut ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein tinggi, berbentuk kristal dimana fungsinya untuk menghasilkan psikotonik kuat serta mempengaruhi faktor diuretik ringan. 

Mungkin inilah yang dianggap oleh sebagian orang dampak positif dari minuman kopi itu sendiri padahal jika anda memahami lebih jauh, ada banyak sekali efek buruk meminum kosi secara berlebihan. Jadi ada baiknya, anda selau waspada terhadap kopi apalagi bila sudah kecanduan. Berikut beberapa dampak negatif sehingga tak boleh dianggap sepele, silahkan baca dengan seksama. 


Efek Buruk dari Minum Kopi

  1. Asam Lambung Meningkat
    Meminum kopi secara terus menerus akan berujung pada peningkatan asam lambung. Dan dari sinilah bisa jadi timbul penyakit lambung seperti maag atau lainya.
      
  2. Penimbunan Lemak
    Adanya kadar trigliserid tinggi pada kopi, tentu akan menambah timbunan lemak maupun kolesterol ada tubuh anda. Sebagai akibatnya, dapat meningkatkan resiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah akibat penumpukan lemak) yang berujung timbulnya stroke atau serangan jantung dadakan.
      
  3. Insomnia
    Sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan kafein yang tinggi bisa berefek pada gangguan tidur yang lama – kelamaan anda akan merasa kesulitan tidur atau dalam bahasa kesehatan disebut insomnia.
      
  4. Detak Jantung Tinggi
    Kandungan kafein dalam kopi juga mengakibatkan detakan jantung semakn tinggi. Pada akhirnya ini sangat beresiko bila anda sudah menderita hipertensi (tekanan darah tinggi) sehingga dapat memaksa jantung untuk bekerja lebih berat.
      
  5. Melemahkan Imun
    Sifat kafein dalam kopi ternyata mampu menyerap mineral, vitamin dan cairan dalam tubuh. Hal ini tentu saja bisa berimbas pada kelemahan daya tahan tubuh hingga akhirnya, tubuh akan lebih gampang terkena penyakit.
      
  6. Merusak Gigi
    Lagi – lagi kafein dalam kopi memiliki efek buruk terhadap kualitas gigi. Bagi anda yang sering meminum kopi maka jangan salah jika gigi anda mulai nampak kekuningan, gampang berlubang bahkan sampai timbul karang – karang gigi.
      
  7. Gelisah
    Hal ini tidak lepas dari 2 gejala diatas yaitu detak jantung meningkat dan insomnia yang akan mengakibatkan anda mulai gelisah dan tangan gemetar bahkan bisa saja terjadi rasa mual dan muntah – muntah.
      
  8. Osteoporis
    Meminum kopi secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko osteoporosis (kerapuhan tulang) terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.
      
  9. Endometriosis
    Ini dibuktikan pada sebuah penelitian di Havard School of Public Health dengan pengambilan sampel wanita yang sering mengkonsumsi kopi berlebihan. Didapatkan hasil bahwa wanita akan beresiko terkena kelainan yang menyerang sistem reproduksi yaitu endometriosis. Gejalanya, si wanita bisa mengalami sakit luar biasa saat menstruasi
      
  10. Meningkatkan Homosistein
    Homosistei adalah asam amino esensial yang diproduksi oleh tubuh. Berdasar ahli Physician Healt Study dikemukakan bahwa kadar homosistein tiggi dapat meningkatakn resiko serangan jantung 3 sampai 4 kali lipat.
      
  11. Kram Otot
    Meminum kopi terus – terusan juga berakibat pada ngilu atau kram otot dikarenakan kandungan kafein yang mengurangi kadar creatinin serum di dalam tubuh. 

Itulah tadi beberapa Efek Buruk dari Minum Kopi dan sangat penting sekali memahaminya. Jadi mulai sekarang, cermatlah dalam mengkonsumsi kopi dan alangkah lebih baik seimbangi pula dengan selalu meminum air putih, konsumsi makanana bergizi sert rajin – rajin berolahraga agar stamina maupun kesehatan tubuh tetap terjaga. Sekian dan terima kasih. Baaca juga Tips memanjangkan kuku cepat panjang.

Berlangganan untuk email update gratis: