Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala
Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala. Kegiatan tidur sudah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Apalagi tidur di malam hari sangat membantu anda melepas lelah setelah bekerja seharian penuh sehingga pada keesokan hari, tubuh dapat kembali bugar. Selain itu, gaya tidur pada umumnya memang berbeda dari yang terbiasa menyalakan lampu atau mematikanya. Jika anda lebih senang tidur dengan menyalakan lampu sebaiknya simak informasi penting kali ini. Bahwa Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala ternyata lebih banyak dibanding tanpa lampu (mematikan lampu). 

Tak hanya itu, meski perasaan tidur anda lebih nyenyak namun efeknya ke berbagai organ tubuh perlu diperhatikan. Lantas apa saja efeknya? Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasanya langsung berikut ini. Baca sampai tuntas agar anda memahami betul dampak maupun resiko buruk terhadap gangguan kesehatan tubuh. 


Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala

Rasa Pegal Pada Mata
Tidur dengan lampu menyala dapat memberikan efek pegal – pegal di mata. Hal ini dikarenakan pencahayaan yang terus – menerus membuat otot – otot di kelopak mata mengalami tegang sehingga akhirnya membuat mata terasa pegal di keesokan harinya. Selain itu, jika anda kurang memperhatikan kualitas lampu kamar tidur, maka tentu radiasi lampu kamar berefek pada mata bahkan tak jarang anda akan kesulitan dalam memejamkan mata. Jadi demi menghindari dampak – dampak tersebut, baiknya anda gunakan lampu khusus dengan tingkat radiasi rendah agar memberikan kenyamanan saat anda tidur atau lebih baiknya matikan saja lampu kamar ketika ingin tidur.  

Kualitas Tidur Menurun
Adanya gangguan tidur dari penggunaan lampu secara terus menerus dapat pula mempengaruhi kualitas tidur anda. Seperti misalnya gangguan insomnia, kejadian bangun dimalam hari sampai sulitnya memejamkan mata tentu berimbas terhadap penurunan kualitas tidur yang seharusnya bisa tidur normal (8 jam per hari) malah berkurang drastis bahkan anda pun mungkin hanya bisa tidur beberapa jam saja. Sebagai akibat akhir, kondisi tersebut akan berujung kondisi kurang fit keesokan harinya sehingga kosentrasi maupun aktivitas kerja anda melambat atau tidak lagi produktif lagi. 

Menghambat Produksi Melatonin
Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala selanjutnya yaitu menghambat produksi melaton. Sebelumnya anda perlu tahu melatonin adalah salah satu jenis enzim yang bekerja untuk menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor atau kanker dengan kata lain zat tersebut termasuk antibody penting dalam memerangi penyakit seperti kanker maupun tumor ganas. Jadi bilamana sel melatonin tak dapat berkembang dengan baik akibat dampak pencahayaan lampu kamar tidur. Namun, jangan anggap bahwa tidur dengan lampu menyala pasti akan terserang kanker karena masih terdapat faktor – faktor lainya seperti sering merokok, konsumsi alkohol berlebihan serta gaya hidup kurang sehat. 

Meningkatkan Gejala Depresi
Diambil dari sumber penelitian ada ungkapan bahwa bahaya tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan depresi. Terlebih lagi jika anda sedang terkabung dengan beban pikiran atau tekanan berat yang malah semakin membuat kenyamanaan tidur anda terganggu. Maka, efeknya pun pasti mengarah pada penurunan kualitas tidur serta pola tidur anda akan menjadi sangat buruk. 

Gangguan Metabolisme Tubuh
Bahaya lain daripada menyalakan lampu saat tidur adalah menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme tubuh. Kenapa bisa terjadi? Alasanya karena pancaran radiasi dalam jumlah banyak yang mengakibatkan sistem metabolisme dalam tubuh ta mampu berjalan dengan baik. Terkadang anda akan merasa lemas dan lesu saat bangun tidur di pagi hari. Tidak menutup kemungkinan efeknya mengarah ke penurunan imunitas yang memudahkan anda gampang terkena penyakit tertentu. 

Itulah tadi Dampak Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala. Meski begitu, tidak ada larangan khusus jika anda ingin mematikan atau menyalakan lampu saat tertidur karena menyesuaikan individu masing – masing. Pada intinya anda juga tak boleh melupakan satu hal menjelang tidur yaitu berdoa supaya diberikan kenyamanan saat tidur serta kebugarana saat bangun esok hari. Sekian dan terima kasih. Baca juga Cara menyembuhkan migrain.

Berlangganan untuk email update gratis: