Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya

Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya
Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya. Push adalah gerakan latihan untuk mengoptimalkan otot – otot tubuh utamanya di bagian tangan dan kaki. Gerakan push up bisa saja dilakukan oleh siapa saja baik laki – laki maupun perempuan. Meski dibilang mudah, tapi bagi anda yang tidak biasa sangat disarankan untuk membaca sampai tuntas pembahasan menarik kali ini yaitu Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya. 

Tahukah anda bila push ternyata memiliki berbagai macam jenis pergerakan dan disisi lain setiap gerakanya punya manfaat yang baik. Jadi melakukan push up dengan benar merupakan langkah awal supaya anda tidak lagi melakukan gerakan – gerakan yang salah. Untuk itulah anda akan dibantu dalam menerapkan push up di setiap jeninsy.  


Jenis dan Cara Push Up yang Benar 

Pemula (Push Up Di Dinding)
Bagi anda para pemula, silahkan memilih jenis push up ini sebelum berlanjut ke teknik push up lainya karena menjadi dasar dan harus dilakukan. Caranya, anda berdiri di depan dinding datar, lalu letakkan kedua telapak tangan ke dinding tersebut. Belokkan lengan anda secara perlahan disertai memajukan badan ke depan dinding. Lakukan selama 1-10 kali dahulu dan jika sudah terbiasa boleh mencobanya sampai puluhan kali bahkan tidak menutup kemungkinan anda mampu melakukanya dengan memakai tangan satu. 

Intermediate (Push Up Berlutut)
Posisi ini hampir mirip dengan posisi push up sempurana. Perbedaanya adalah anda menggunakan tumpuan siku kaki (dengkul) untuk melakukanya Caranya, letakkan kedua tangan diatas lantai sebagai tumpuan dan ambil jarak yang seimbang. Jangan lupa wajah menghadap ke bawah dan tempelkan siku kaki ke lantai. Turunkan dada perlahan sampai mendekati lantai lalu angkat kembali pada posisi semula. Lakukan secara berulang – ulang. 

Advanced (Push Up Sempurna)
Langkah terakhir yakni melakukan push dengan sempurna. Sebagai tumpuan, anda harus meletakkan kedua tangan ke lantai dan bagian ujung kaki (jari jemari). Jika posisi sudah siap, maka anda bisa memulai gerakan menekan kebawah dan menarik keatas yang bertumpu pada tangan dan lengan. Gerakan ini terlihat sempurnan bila badan terlihat seimbang, searah sehingga tak nampak rata di bagian perut maupun tulang belakang. 


Manfaat Push Up

Membakar Kalori
Seperti halnya olahraga pada umumnya, gerakan push up secara langsung juga mampu membakar kalori dalam tubuh anda. Dan yang paling utama yakni dibagian tangan, perut serta otot kaki. Dengan begitu, anda pun bisa membakar kalori (lemak) berlebihan lewat pergerakan tersebut. 

Membentuk Otot Tubuh
Ketika melakukan push up, bagian otot bahu depan, dada, lengan dan kaki akan bekerja sangat kuat. Sehingga pergerakan ini jika dilakukan secara rutin maka keempat bagian tersebut mampu terlatih hingga menunjang perkembangan otot menjadi lebih kuat dari biasanya. 

Membantu Kekuatan Tulang
Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk duduk, berdiri maupun melakukan pergerakan lainya. Agar supaya tidak timbul masalah tulang keropos, rapuh atau nyeri sendi di usia tua, maka mulailah dari sekarang melakukan olahraga untuk menunjang kesehatan tulang termasuk olahraga push up. Karena push menjadi salah satu pergerakan yang mampu memperkuat tulang rawan seperti di bagian pergelangan tangan, bahu, lengan dan kaki. 

Memperbaiki Postur Tubuh
Push up yang sempuna tidak hanya melatih otot maupun kekuatan tubuh saja namun juga mampu memperbaiki postur tubuh anda. Dengan begitu, hal ini tentu saja akan memberikan penampilan yang sempurnan sehingga menambah kepercayaan diri anda dihadapan orang lain. 

Sekian dulu informasi kesehatan seputar Cara Push Up yang Benar dan manfaatnya. Kini anda sudah memahami betul bagaimana teknik push up yang benar serta manfaatnya. Selamat mencoba, baca juga Efek buruk dari minum kopi.

Berlangganan untuk email update gratis: