Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. Telinga adalah organ penting sebagai alat pendengar bagi setiap orang. Maka tidak heran jika perawatan telinga patut anda perhatikan juga. Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat pada umumnya yaitu membersihkan telinga. Nah, disini ada pembahasan menarik mengenai hal tersebut tepatnya Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. 

Mengingat bahwa dalam menjaga kesehatan telinga haruslah hati – hati apalagi jika berkaitan dengan membersihkan telinga sampai ke bagian – bagian dalam. Jadi jangan sampai karena kegiatan itu, dinding atau gendang telingan terluka maupun teriritasi sehingga mengakibatkan kemampuan pendengaran anda menurun. Metode secara benar dan tepat sudah sepatunya anda pahami supaya tidak menimbulkan resiko berbahaya lainya. Baiklah, langsung saja menuju inti pembahasahnya berikut ini. 


Cara Membersihkan Telinga

Air Hangat
Menggunakan air hangat untuk membersihkan telinga termasuk langkah tepat karena selain praktis juga aman. Caranya, ambil kapas secukupnya lalu celupkan ke dalam air hangat. Pelintir kapas tersebut hingga mengerucut dan selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam telinga. Ingat! jangan terlalu dalam karena dapat terkena selaput tipis (gendang telinga) agar tidak pecaha. 

Kain Basah
Selain air hangat, memakai akin basah juga cukup efektif untuk membersihkan kotoran di luar maupun di dalam telinga. Caranya, gosokkan kain yang sudah dibasahi di sekitar telingga sampai lubang telinga (bagian depan). Lakukan secara rutin agar kotoran pada area telinga tak menumpuk serta terlihat bersih. 

Ear Candle
Adalah teknik membersihkan telingga yang modern. Yaitu mengeluarkan kotoran telinga dengan cara memasukkan lilin ear candle ke dalam lubang telingga membakar puncaknya dan membiarkan sejenak. Tips ini dapat menjamin sensasi geli dan tentunya mampu membersihkan telinga sampai tuntas. Ingat! langkah ini butuh bantuan seorang teman untuk memegang lilin ear candle kemudian membakar pucuknya. Ketika selesai maka anda akan mendapati kotoran terangkat dengan jelas ke atas kerta ear candle. Jadi jangan coba – coba  tanpa bantuan teman anda. 

Baby Oil
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar selanjutnya yaitu memakai baby oil. Caranya cukup mudah yaitu gunakan baby oil untuk membersihkan bagian daun telinga yang seringkali terdapat tumpukan – tumpukan sel mati serta kotoran telinga. Baby oil terasa sangat lembut, jadi tidak akan membuat kulit di sekitar telinga mengalami lecet. Sebagai anjuran, anda bisa meneteskan baby oil sekitar 1-2 tetes saja ke dalam telinga menjelang tidur di malam hari sehingga ketika bangun di pagi hari, anda bisa langsung membersihkan kotoran – kotoran yang terangkat. 

Cotton Bud
Sudah tidak asing lagi hampir semua masyarakat pasti tahu bahwa cotton bud biasa digunakan untuk membersihkan telinga. Memang jenis cotton bud bisa diandalkan karena bahan kapasnya lunak dan steril. Dalam pemakainya, ada baiknya anda memastikan dulu cotton bud tersebut sudah bersih demi meminimalkan terjadinya infeksi. Usahakan ketika memasukkanya ke lubang telinga, lakukan perlahan dan jangan terlalu dalam. Kemudian putar ke kanan lalu ke kiri sembari menarik cotton bud kea rah luar agar kotoranya terambil secara keseluruhan. 

Jangan Keseringan
Artinya disini adalah anda disarankan agar tidak membersihkan telinga terlalu sering karena beresiko menyebabkan luka atau infeksi akibat dari tindakan berlebihan. Meski rasa gatal selalu ada di daerah telinga anda, hal tersebut adalah wajar dan tak perlu khawatir. Disisi lain, bagian sekitar telinga juga sudah memiliki selaput khusus untuk menyaring beberapa kotoran yang masuk. Bahkan dari sumber mengatakan jika jenis kotoran bewarna coklat di dalam telinga, ternyata punya fungsi mematikan binatang yang masik ke lubang telinga. 

Begitulah beberapa Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. Semoga dapat membantu anda dan terima kasih atas kunjunganya. Baca juga Kenapa jantung berdetak kencang.

Berlangganan untuk email update gratis: