Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan
Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan. Gatal pada selakangan menjadi masalah yang sering menganggu penampilan. Terlebih lagi jika rasa gatal setiap hari muncul. Tentu anda pun pasti sangat terganggu dan ingin rasanya menggaruk terus - terusan. Untuk mencari solusi terbaik, anda tak usah khawatir karena tepat sekali menemukan informasi ini karena ada bahasan lengkap tentang Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan. Cara – cara dibawah berdasar pengalaman banyak orang serta diambil dari beberapa referensi. Jadi sangat aman bila diterapkan secara mandiri. 

Mungkin anda juga perlu tahu bahwa ada banyak sekali penyebab gatal pada selakangan sepert alergi makanan, kurang perawatan diri, pakaian terlalu ketat yang mengakibatkan kondisi selakangan menjadi lembab dan sebagainya. Untuk itu menjaga kondisi fisik agar tetap sehat dan bersih merupakan salah satu cara pencegahan utama agar tidak timbul gatal tersebut. Namun, jika sudah terkena, maka cobalah aplikasikan penanganan efekti berikut ini.  


Cara Mengatasi Gatal

Mandi 2 Kali Sehari
Mungkin sebagian orang menganggap remeh hal ini, namun jika anda memperhatikan kesehatan tubuh maka biasakan diri untuk mandi minimal 2 kali sehari. Alasanya supaya anda terhindari dari kuman – kuman yang masih menempel di tubuh. Disampin itu, jangan lupa untuk mengeringkan badan secara merata utamanya di bagian selakangan dan paham dalam karena tempat – tempat tersebut sering kali susah dijangkau.

Menjaga Nutrisi Makanan
Terkait nutrisi makanan, ada baiknya anda mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contonya, anda dapat memilih makanan yang mengandung banyak serat dan vitamin. Kurangi pula makanan instan atau cepat saji karena keduanya tidak baik bagi kesehatan tubuh. 

Gunakan Celana Longgar
Jika anda mengalami gatal – gatal pada selakangan, maka gunakan saja celana longgar dan lebih bagus lagi bila bahanya bisa menyerap keringat. Tentu saja gunanya agar bisa mengurangi kelembapan sehingga menghindari timbulnya jamur atau bakteri di daerah tersebut. Mengingat bahwa jamur maupun bakteri sangat suka sekali pada tempat – tempat yang lembab. 

Hindari Pantangan Makanan
Hal penting lainya dalam Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan yakni menghindari pantangan makanan demi mempercepat proses penyembuhan. Jika anda punya riwayat alergi makanan tertentu sehingga mengakibatkan timbulnya gatal – gatal pada selakangan, maka mulai dari sekarang hentikan konsumsi makanan tersebut dan pilih makanan lainya saja.

Ganti Pakaian Secara Rutin
Umumnya, mengganti pakaian setidaknya 2 kali sehari dan apabila anda melakukan olahraga maka sangat dianjurkan setelah kegiatan berlangsung gantilah celanan dalam maupun celanan olahraga dengan yang kering. Ini bertujuan agar daerah gatal pada selakangan tidak semakin memburuk. Ingat! bahwa jamur atau bakteri timbul karena daerah selakangan paha itu lembab. 

Jangan Menggaruk Daerah Yang Gatal
Tahanlah keinginan anda untuk menggaruk pada daerah yang gatal. Karena keseringan menggaruk bisa berakibat pada iritasi kulit dan ujung – ujungnya menyebabkan infeksi. Nah, bila ingin meringankan gatal sebaiknya kompres saja dengan air dingin lalu keringkan sampai benar – benar kering. 

Pakai Salep atau Bedak Anti Jamur
Inilah yang paling penting jika anda mengalami gatal pada selakangan, sangat dianjurkan untuk memakai salep anti jamur 2 kali sehari selama beberapa minggu ke depan. Idealnya, krim atau salep tersebut digunakan setelah mandi di pagi dan sore hari. Terapkan secara rutin sampai rasa gatal hilang dari selakangan. 

Begitulah Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan dengan mandiri. Jika masalah gatal tidak kunjung membaik bahkan setelah dilakukan perawatan selama seminggu lebih, maka segera periksakan diri ke dokter atau klinik supaya mendapat antibiotik atau gel anti jamur yang terbaik dari dokter. Sebagai catatan penting lainya, apabila masalah sudah teratasi, anda tetap disarankan untuk melanjutkan pengobatan selang waktu 1-2 minggu ke depan demi mencegah jamur datang kembali. Semoga bermanfaat dan sekian. Baca juga Dampak bahaya makan gorengan.

Berlangganan untuk email update gratis: