Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita

Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita
Cara Mengatasi Keputihan pada Wanita. Keputihan adalah masalah umum pada wanita, hampir semua wanita mengalaminya. Keputihan sendiri terjadi karena adanya jamur di bagian luar vagina. Keputihan sangat wajar terjadi terlebih saat wanita sudah memasuki pubertas. 

Keputihan sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu fisiologis dan patologis. Untuk jenis keputihan fisiologis biasanya terjadi ketika sebelum dan sesudah wanita menstruasi, bisa juga karena stress dan adanya rangsangan dari tubuh. Menstruasi ini bersifat wajar saja namun ada juga yang menjadi penyakit atau bersifat patologis. Untuk keputihan patologis, biasanya keputihan yang keluar berlebihan tidak wajar, bau dan menyebabkan gatal di area vagina.


Cara Mengatasi Keputihan dengan Aman

Keputihan yang berlebihan atau patologis inilah yang ditakutkan oleh banyak wanita karena apabila dibiarkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius. Ada beberapa tips atau cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi keputihan dengan aman.
  • Menjaga Kebersihan Organ Intim
    Menjaga kebersihan organ intim wajib hukumnya bagi wanita. Pastikan anda membasuh organ intim sesudah buang air kecil dengan bersih, gantilah pakaian dalam anda minimal 2 kali sehari. Jika pakaian dalam dirasa sudah lembab segera ganti dengan yang baru untuk menghindari tumbuhnya jamur di area vagina. Selain itu, cucilah pakaian dalam dengan bersih.
      
  • Menggunakan Pembasuh Khusus 
    Anda juga bisa menggunakan pembersih vagina yang saat ini sudah banyak beredar di pasar, pilihlah pembersih vagian yang baik dan memiliki ph sesuai dengan kelembapan vagina. Jangan sampai justru pembersih vagina ini menghilangkan bakteri baik yang ada di dalam area vagina. Bakteri jahat yang ada di area vagina bisa dibasmi dengan menggunakan pembersih vagina ini.
      
  • Rajin Mengganti Pembalut 
    Jika anda sedang menstruasi, pastikan anda mengganti pembalut minimal 2 kali sehari atau ketika pembalut sudah penuh. Hal ini harus dilakukan untuk menghentikan tumbuhnya bakteri atau jamur yang dapat merambat di vagina.
      
  • Pembedahan  
    Anda perlu melakukan pembedahan di dokter ketika keputihan yang anda alami sudah parah dan membahayakan. Anda juga bisa melakukan vaksinasi untuk mencegah keputihan.
      
  • Ramuan Tradisional 
    Ramuan tradisional seperti air rebusan daun sirih dipercaya bisa mengobati keputihan dan membuat vagina sehat. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap minggu, jika anda tidak suka dengan rasanya anda bisa menambahkan madu atau gula untuk membuat rasanya lebih enak.
     
  • Temui Dokter 
    Jika anda sudah berusaha mengatasi keputihan namun tidak mendapatkan hasil. Sebaiknya anda temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih serius.
Keputihan meskipun wajar dialami oleh wanita, namun jika bersifat penyakit maka akan sangat penting untuk menghilangkannya. Jadi, jangan ragu-ragu untuk bertanya pada ahlinya jika anda mendapati keputihan yang tidak wajar. Baca juga Gerakan aerobik mengecilkan perut.

Berlangganan untuk email update gratis: